Apakah sebuah gambar bisa menjual sesuatu ? jawabannya bisa banget, kalo gak bisa ngapain orang - orang bikin baliho iklan gede gede di pinggir jalan, atau dipasang didepan tokonya. Banyak banget gambar - gambar bertebaran di internet yang bertujuan untuk menjual sesuatu, tapi berapa persen gambar yang powerfull dan bisa menghasilkan banyak konversi penjualan yang hebat ? disini kita bakal belajar beberapa tips desain pemasaran untuk meningkatkan penjualan.
tips desain pemasaran |
Pengertian desain pemasaran/periklanan
Udah pernah gue singgung di artikel gue tentang memahami desain grafis dengan cepat, tapi disini gue akan mempreteli satu persatu supaya kalian semua bisa menggunakannya secara maksimal dalam membuat suatu desain yang digunakan untuk keperluan pemasaran atau periklanan.
Jadi desain pemasaran itu adalah bagian dari cara berkomunikasi secara visual. Yaitu komunikasi antara si penjual dan pembeli melalui sebuah gambar atau desain gunanya untuk mengedukasi konsumen tentang produk yang akan kita jual. Agar konsumen kita tertarik dengan produk kita, maka selain kita punya produk yang bagus kita juga harus punya strategi pemasaran yang bagus, nah salah satunya dengan desain grafis ini, banyak yang akan kita hasilkan terutama untuk meningkatkan penjualan secara online.
Untuk membuat sebuah desain yang powerfull serta memberikan banyak konversi penjualan, maka kita ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan secara seksama seperti penggunaan kontras warna untuk menonjolkan kampanye produk, penentuan warna yang harmonis supaya enak dilihat, kemudian pemilihan jenis font yang sesuai dan lain sebagainya supaya desain yang kita hasilkan bagus, enak dipandang, serta memancing konsumen kita untuk tertarik membeli dan dibawah akan gue coba jelasin lagi secara mendetail beberapa tipsnya.
3 Pilar desain grafis untuk pemasaran atau periklanan
1. Menciptakan rasa penasaran
Desain yang bagus adalah desain yang bisa menarik rasa penasaran, atau desain yang bisa membuat pembacanya betah berlama - lama menatap gambar tersebut. Informasi maupun gambar yang ada dialamnya bisa memotivasi orang untuk bertindak lebih jauh atau istilah inggrisnya "Call to action" bro. Semakin banyak audience yang terlibat maka akan semakin besar pula kesempatan untuk mengkonversi mereka untuk melakukan action yaitu membeli produk kalian. Ciptakan respon emosional konsumen terhadap produk kalian yang nantinya akan menimbulkan sebuah kepercayaan.
Istilah call to action itu punya dua fungsi utama yaitu memberi tahu konsumen untuk menuju ke tahap selanjutnya, kemudian setelah itu bisa memotivasi untuk melakukannya. Kalimat ajakan atau tombol CTA (Call To Action) tidak harus panjang tidak juga harus pendek, intinya ringkas secara sekilas kita membacanya langsung akan paham maksud dan tujuan nya kemana.
Sebagai contoh saya akan coba memberikan beberapa sample gambar CTA yang baik, mereka ada yang menggunakan kalimat panjang seperti story telling dan juga ada yang menggunakan kalimat singkat padat dan jelas.
contoh desain pemasaran Call to action dalam facebook ads |
contoh kalimat ajakan Call to action pendek dari facebook ads |
Kita gak usah bingung gimana cara bikin nya, cukup kalian lihat aja iklan-iklan yang ada di fb sebagai referensi, dengan melihat gambar tersebut, kalian udah tau kan arahnya kemana kalo kalian klik tombol daftar ? sesimple itu sob kita riset sederhana gimana caranya buat bikin tombol atau kalimat CTA yah selebihnya silahkan kalian praktek sesuai dengan produk yang kalian inginkan.
2. Membangun kepercayaan konsumen
Barang yang akan kita jual pasti akan laku jika kita bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produk yang kita jual, artinya kalo kita buat iklan tentang sebuah produk dan manfaat yang dirasakan sesuai dengan apaa yang kita informasikan dalam iklan yang kita buat itu adalah testimoni yang luar biasa, mereka akan repeat order atau secara gratiss mempromosikan produk kita ke teman, keluarga, komunitas mereka dan akhirnya mereka berbondong - bondong menyerbu produk kita.
Jika kita menjual madu, atau menjual jus jeruk yah, pastikan madu yang kita peroleh itu madu murni tidak dicampur dengan gula, atau kalo kita jual jus jeruk pastikan jus yang kita jual itu berasal dari jeruk asli bukan dari campuran jus dengan pemanis buatan. Kenapa kita harus jujur dalam hal ini ya tujuannya tidak lain untuk menciptakan kepercayaan produk atau brand terhadap konsumen.
Contohnya dulu nih ada perusahaan penyedap rasa dengan merek dagang berasal dari jepang, gak usah gue sebutin mereknya kalian udeh pada tau, yang sudah bertahun tahun dipercaya dan digunakan masyarakat Indonesia untuk urusan memasak, suatu hari muncul isu atau kasus bahwa dalam bumbu itu terkandung lemak babi, dalam waktu yang singkat hancur sudah tingkat kepercayaan konsumen tentang produk itu dan beralih ke produk serupa saingannya. Sampai sekarang produknya masih ada tapi mungkin penjualannya tidak se masif pada waktu dulu sebelum terkena isu itu.
Sampai disini paham kan kalo tingkat kepercayaan konsumen itu penting banget dan punya pengaruh besar dalam penjualan.
3. Memberikan solusi
Tadi udeh gue jelasin diatas bahwa buat narik konsumen supaya beli adalah membuat informasi yang sesuai. Sekarang gue tanya yah kenapa konsumen mau beli ? mereka mau membeli itu karena mereka punya masalah yang tidak bisa selesai. Nah tugas kita adalah membuat mereka tertarik akan solusi yang kita tawarkan broh.
Contohnya gini yah, pada zaman sekarang banyak orang terkena obesitas atau kegemukan. Banyak dari mereka yang pengen langsing, ini sebuah permasalahan yang tidak bisa selesai di mereka, sebenernya banyak cara buat bikin tubuh kita langsing seperti olah raga, makan makanan sehat, sedot lemak, pake obat herbal pelangsing dan lain sebagainya. Ketika ada problem seperti itu, kita punya produk pelangsing herbal nih dan akan kita iklankan kepada mereka yang punya problem seperti tadi, alangkah baiknya dalam iklan yang kita buat ditaruh gambar proses penurunan berat badan dari yang semula bertubuh besar menuju berat badan ideal.
Oke pahamkan, soal ajakan iklan yang memberikan solusi sehingga orang yang punya problem tertarik untuk mencoba dan membeli produk kita. Kalo kalian semua menguasai tiga pilar utama ini kalian pasti bisa dong menarik konsumen untuk beli produknya.
Baca juga : Tips menjadi jasa desain professional
Tips Desain yang meningkatkan konversi
1. Bersih
contoh desain yang bersih |
Setelah melihat gambar diatas, gambar tersebut tidak menggunakan variasi apapun dan hanya menggunakan dua warna yaitu kuting tua dan dan tulisan hitam saja, sangat mudah dipahami serta kita pun sebagai pembaca akan langsung terfokus kepada kampanye iklan yang mereka maksudkan. Contoh yang lain seperti ikan gojek, grab atau para penyedia aplikasi lainnya. Gampang banget kan gak usah dibikin sulit dan yang terpenting langsung praktekan yah sob...
2. Kontras untuk menonjolkan produk
gambar produk yang kontras untuk memfokuskan produk |
Selain menggunakan desain yang bersih, kita juga bisa pake tehnik kontras untuk memberitahu konsumen tentang produk kita, gunanya apa ? ya untuk memperjelas barang yang yang akan kita jual. Seperti contoh diatas ketika ada empat gelas bir dan hanya satu yang berwarna sedang yang lainnya hitam putih, maka mata kita secara reflex akan langsung memperhatikan gambar yang berwarna tersebut. Dia akan baca dia akan bertanya produk minuman apasih itu, kira kira enak gak kalo diminum ? dan akhirnya mereka berusaha mencari informasinya kemudian membeli produknya.
3. Bermain dengan font yang tepat
contoh permainan font dalam iklan |
Pemilihan font atau jenis tulisan sangatlah penting, karena banyak banget jenis font yang bisa digunakan untuk memberikan keterangan terhadap produk yang akan dijual. Bermain dengan font haruslah seimbang, pilih font yang jelas dan mudah dibaca.
Selain itu kita juga bisa bermain pada size font atau ukuran font. Tidak semua huruf dibesarkan, gambar diatas adalah salah satu contoh tehnik permainan font yang baik sehingga kita tidak pusing dalam membacanya. Secara sepintas kita baca, kita bakalan langsung paham kalo itu ada diskon pada hari jum'at dengan kampanye "Black Friday" serta diskonnya 50%.
4. Penempatan logo atau brand
contoh penempatan logo atau brand |
Logo atau brand sebuah produk tidak mesti harus besar, perhatikan gambar diatas, logo yang kalian pajang diatas pojok kiri dengan ukuran yang kecil sudah mewakili desain tersebut. Pesan utama dari poster itu adalah sebuah acara konser musik, maka itulah yang paling ditonjolkan dalam poster tersebut.
5. Menggunakan psikologi warna
contoh psikologi warna |
Yap, warna sangat mempengaruhi penglihatan kita, namun kalo kita lanjut dan pelajari lebih dalem lagi ternyata warna juga punya konsep psikologi, seperti warna merah yang melambangkan sesuatu yang enerjik agresif, penuh semangat, atau warna hitam yang melambangkan klasik, elegan, serius, dan lain sebagainya.
Kalo kalian semua bisa menguasai 5 tips dasar ini, gue yakin deh kalian bisa bikin iklan promosi yang sangat hebat tentunya yang akhirnya akan meningkatkan penjualan.
Inspirasi desain powerfull
Buat kalian yang masih bingung gimana sih contohnya bikin desain yang bagus, berikut akan gue bahas dan mungkin akan gue bagikan juga beberapa template gratis yang bisa kalian pakai untuk promosi produk kalian yah diantaranya :
- Desain booth event
- Desain CV (Curriculum Vitae)
- Deain Brosur
- Desain sosial media post
- Desain apparel
- Desain presentasi
- Desain poster
Oke segitu aja dulu yah pembahasan soal tips desain pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Intinya langsung dipraktekin yah tips nya biar langsung action gak usah nunggu nanti nanti lagi, terimakasih semoga bermanfaat.